Cara penanganan overdosis obat

Apabila seseorang mengalami overdosis obat-obatan, harus segera mencari pertolongan medis. Jangan tinggalkan orang yang mengalami overdosis sendirian, tetap temani hingga tenaga medis tiba atau berhasil dibawa ke rumah sakit.

Jika menemukan orang yang mengalami overdosis dan pingsan, miringkan tubuhnya ke samping untuk mengantisipasi tersedak jika muntah. Tak hanya itu, jangan berikan makanan atau minuman apapun kepada orang yang sedang mengalami overdosis.

Pada beberapa kasus, menangani orang yang mengalami overdosis bisa menjadi lebih rumit. Contohnya apabila seseorang sengaja mengonsumsi obat-obatan dalam jumlah banyak karena masalah mental, maka perlu pihak profesional yang bisa melakukan persuasi agar mau mendapat penanganan medis.

Setelah itu, akan dilakukan rangkaian penanganan seperti:

  • Pemeriksaan darah untuk tahu level obat-obatan dalam darah
  • Menanyakan riwayat medis kepada pihak keluarga atau informan lain
  • Membersihkan perut dengan cara dipompa atau gastric lavage sehingga substansi obat-obatan yang belum terserap bisa dikeluarkan
  • Pemberian arang aktif untuk mengikat substansi obat-obatan sehingga tidak terserap ke dalam darah
  • Terapi untuk menenangkan orang overdosis yang mengalami kegelisahan atau dampak overdosis terhadap aspek mental
  • Pemberian obat lain dengan dampak berlawanan untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi akibat obat yang pertama dikonsumsi berlebihan

Tak hanya penanganan ketika overdosis terjadi saja, perlu dilakukan observasi pada orang yang bersangkutan. Lakukan evaluasi mengapa overdosis bisa terjadi, apakah dilakukan dengan sengaja atau tidak.Bagi anak-anak, mengalami overdosis dan rangkaian perawatannya bisa menjadi hal yang traumatis. Untuk itu, pertimbangkan pula bagaimana mengurangi rasa cemas anak-anak sekaligus antisipasi overdosis ke depannya.

Jika overdosis obat terjadi karena pengaruh masalah gangguan mental, risiko untuk mengulanginya kembali tetap ada. Jadi, penting untuk melakukan pengawasan ketat dari orang-orang terdekat di bawah supervisi ahli.