Aneka Buah & Sayur yang Dapat Dikonsumsi Saat Sahur/Buka

Apel

Buah yang satu ini tentu banyak digemari orang. Rasanya yang menyegarkan membuat apel sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Dalam satu buah apel terdapat 80-130 kalori. Mengonsumsi 2 buah apel dapat memberikan Anda rasa kenyang.

Cara mengonsumsi apel yang paling baik adalah dengan tidak mengupas kulitnya. Hal itu disebabkan karena dalam kulit apel terdapat serat dan antioksidan dengan jumlah yang tinggi.

Apel juga terkenal baik untuk mencegah gigi berlubang. Serat yang terdapat dalam buah apel dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Itu mengapa apel berperan baik sebagai pembersih alami gigi.

Jeruk

Buah jeruk tentu tidak asing lagi jika dikenal memiliki kandungan vit.c yang tinggi. Namun Anda perlu tau fakta lain dari jeruk yang mampu membantu penyerapan nutrisi dengan lebih baik. Dalam buah jeruk terdapat satu zat bernama flavonoid. Zat ini berguna untuk menjaga kinerja jantung agar selalu baik.

Saat berpuasa anda membutuhkan cairan tubuh yang cukup agar tidak dehidrasi. Jeruk mampu menjadi buah yang menjaga Anda tetap terhidrasi selama berpuasa. Kandungan sitrat yang ada pada jeruk juga baik untuk membantu Anda mencegah penyakit batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk akibat salah satunya adalah kurangnya jumlah sitrat dalam urin. Urin yang memiliki jumlah sitrat yang rendah umumnya memiliki jumlah mineral pembentuk batu yang lebih tinggi. Oleh karena itu baik untuk mengonsumsi buah jeruk untuk menjaga kesehatan tubuh.

Brokoli

Sayuran satu ini terkenal akan banyaknya nutrisi di dalamnya. Mulai dari vitamin A, C, serta potasium. Dalam sayur brokoli ada setidaknya kadar vitamin C yang setara dengan buah jeruk. Zat phythocemical dalam brokoli berfungsi sebagai zat anti kanker di dalam tubuh.

Cara pengolahan yang baik untuk brokoli adalah dengan merebusnya dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hindari mengolah brokoli dengan cara menggoreng. Hal tersebut akan membuat kandungan yang ada di dalamnya menjadi berkurang.

Wortel

Wortel sangat terkenal akan kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Kandungan vitamin A dalam wortel dapat mencapai 200%. Beta-karoten dalam wortel selain menjadi bahan baku terbentuknya vitamin A juga memiliki fungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Faktanya menariknya, mengonsumsi wortel dapat meningkatkan kualitas kesuburan pria. Kandungan yang ada dalam wortel mampu memperkuat sperma yang dihasilkan oleh pria.

Sekalipun anda sedang berpuasa, anda tetap harus menjaga asupan nutrisi harian. Beberapa jenis makanan di atas dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi saat puasa.