Bagi umat muslim, menjalankan puasa di bulan Ramadan adalah sebuah kewajiban. Puasa di bulan Ramadan biasanya dilaksanakan selama 30 hari berturut-turut. Umat muslim akan menahan lapar dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Jika biasanya dalam sehari dibutuhkan asupan nutrisi dari makanan sebanyak tiga kali, maka saat puasa, hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka. Mengontrol asupan yang masuk adalah pilihan yang tepat agar tetap berenergi saat puasa.

Pola makan yang tepat akan membantu Anda untuk memiliki asupan seimbang meskipun sedang berpuasa. Selain pengaturan pola makanan, pilihan makanan yang dikonsumsi juga perlu untuk diperhatikan. Anda dapat memperhitungkan nutrisi dalam sepiring makanan yang akan anda konsumsi. Berikut beberapa rekomendasi makanan sumber karbohidrat yang dapat dipilih saat sahur :

1. Nasi Merah

Nasi merah bisa menjadi rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat puasa. Nasi berwarna merah tersebut dapat dijadikan sumber karbohidrat.

Nasi merah dikenal memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding nasi putih. Tidak hanya itu, nasi merah mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dari nasi putih.

Nasi merah ini juga kaya akan serat. Anda dapat terhindar dari sembelit dengan mencukupi kebutuhan serat harian. Tentu dalam hal ini nasi merah bisa dijadikan salah satu pilihan sumber serat alami. Nasi merahpun bisa jadi rekomendasi makanan yang tepat untuk Anda.

2. Oatmeal

Bagi anda pecinta sarapan sehat, pasti sangat akrab dengan yang satu ini. Oatmeal atau havermut ini merupakan salah satu rekomendasi makan sumber karbohidrat pengganti nasi putih.

Oatmeal terbuat dari gandung untuh yang kaya akan serat. Konsumsi oatmeal setiap hari mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat di dalamnya. Oatmeal dikenal sebagai salah satu rekomendasi makanan yang baik untuk jantung. Kemampuannya yang dapat membantu menurunkan kolesterol juga menjadi alasan mengapa oatmeal baik untuk jantung.

3. Kacang Almond

Meskipun tengah berpuasa, tidak ada salahnya jika Anda menyisipkan camilan setelah berbuka. Kacang almond dapat menjadi pilihan untuk rekomendasi makanan yang baik dikonsumi saat puasa. Camilan yang tebuat dari kacang-kacangan ini enak dan juga menyehatkan. Jumlah kalori yang terdapat pada kacang almond lebih rendah dibanding kacang mede.

Kacang almond ini juga dikenal memiliki jumlah antioksidan yang tinggi hampir setara dengan kacang hijau. Jumlah antioksidan yang tinggi dapat membantu kerja jantung menjadi lebih baik. Selain dimakan langsung, Anda juga dapat menemukan almond dalam bentuk olahan susu.